Pages

SITUS SUMBER IDE DESAIN WEB




Apakah Anda seorang desainer web? Apa yang menjadi sumber inspirasi dan ide ketika Anda ingin membuat atau mengembangkan suatu desain? Artikel mengenai desain web kali ini tidak berhubungan dengan cara menjual desain web seperti artikel sebelum ini. Di sini saya hanya ingin berbagi beberapa alamat situs yang sering menjadi sumber ide dan inspirasi saya saat membuat sebuah desain.

Baik dia seorang profesional ataupun pemula yang baru belajar desain web (seperti saya :) ) butuh sumber inspirasi agar ide-ide awal sebuah desain dapat dipikirkan. Dari banyak sumber, salah satu yang biasanya menjadi tempat utama mencarinya adalah internet. Apa saja yang mau dicari hampir semuanya ada di internet. Banyak situs yang siap menjadi sumber ide. Berikut ini contoh beberapa situs yang biasanya saya pakai. Dikarenakan saya penggemar wordpress, maka sebagian besar merupakan situs yang berhubungan dengan desain dan pemrograman di wordpress.

World Wide Web Consortium (W3C)

W3C
W3C
Anda yang berkecimpung dalam dunia desain web wajib mengetahui, mengenal, dan menerapkan apa yang menjadi standar aturan dalam pemrograman dan desain web. Hal ini fungsinya agar hasil desain atau pemrograman web dapat berjalan dengan baik pada semua standar industri internet. Banyak juga desainer web yang tidak mengindahkan hal ini yang berakibat pada masalah kompatibiltas perangkat yang dipakai user. Padahal user adalah pelaku utama penggerak web, karena merekalah pasar sekaligus pemakai web. Hampir tidak ada situs yang dibuat hanya untuk diri si pembuat itu sendiri. Jangan sampai terjadi user tidak dapat membuka situs Anda karena tidak kompatibel dengan browser miliknya.
W3C merupakan induk dari semua sumber bagi seorang desainer web. Di situs ini kita dapat belajar banyak hal dasar-dasar desain web dan stardarisasinya, diantaranya:
  1. Web Desain dan Aplikasi
    Semua tentang standar untuk membangun dan rendering halaman web. Mulai dari standar HTML, CSS, SVG, Ajax, dan teknologi lainnya untuk aplikasi web. Termasuk juga informasi tentang bagaimana membuat suatu halaman web agar dapat diakses oleh penyandang cacat, halaman web untuk konsumsi internasional, sampai dengan bagaimana membuat halaman web yang dapat berjalan pada perangkat mobile.
  2. Web Arsitektur
    Semua informasi dasar yang berfokus pada teknologi dan prinsip-prinsip dasar yang menopang web, termasuk URI dan HTTP.
  3. Semantic Web
    Pada bagian ini berisikan penjelasan bagaimana membangun sebuah web data. Bagaimana membuat menyimpan data di web, membangun kosakata, dan aturan penanganan data. Berikut pula bagaimana menghubungkan data melalui beragam teknologi seperti RDF, SPARQL, OWL, dan SKOS.
  4. XML Teknologi
    Berbagai informasi mengenai teknologi XML, termasuk XML Namespaces, XML Schema, XSLT, Efficient XML Interchange (EXI), dan standar terkait lainnya.
  5. Web Services
    Standar desain web yang meliputi layanan berbasis pesan yang sering ditemukan di situs-situs dan di perusahaan perangkat lunak. Web Services didasarkan pada teknologi seperti HTTP, XML, SOAP, WSDL, SPARQL, dan lainnya.
  6. Web Devices
    Standar teknologi untuk memungkinkan akses web di mana saja, kapan saja, menggunakan perangkat apapun. Hal ini termasuk akses web dari ponsel dan perangkat mobile lainnya serta penggunaan teknologi web dalam peralatan elektronik, printer, televisi interaktif, dan bahkan mobil.
  7. Browser dan Authoring Tools
    Kegunaan dan pertumbuhan sebuah web tergantung pada tingkat universalitasnya. Kita harus dapat mempublikasikan terlepas dari perangkat lunak yang digunakan, komputer yang dimiliki, bahasa yang dipakai, apakah palai kabel atau nirkabel, terlepas dari mode sensorik atau interaksi. Kita harus dapat mengakses web dari segala bentuk perangkat keras yang dapat terhubung ke internet — stasioner atau mobile, kecil atau besar. W3C memfasilitasi ini melalui web standar internasional.
Mungkin bagi sebagian orang tidak perlu membaca semua informasi di atas. Seperti halnya yang biasa saya lakukan di situs W3C ada tiga hal, yaitu:
W3C CSS Validasi
W3C CSS Validasi
  1. Validasi Web
    Validasi web adalah wajib dilakukan desainer web untuk halaman web yang didesainnya. Kita tidak tahu apakah ada yang salah atau tidak pada halaman tersebut. Valid atau invalid. Apakah kompatibel dengan semua browser atau tidak.
    • W3C Unicorn, silahkan lakukan tes singkat secara keseluruhan disini. Kalau mau lebih detil silahkan cek di bagian berikut ini.
    • Markup Validation Service, cek validitas HTML, XHTML, SMIL, MathML, dan lainnya disini.
    • CSS Validation Service, cek validitas CSS stylesheets.
    • Feed Validation Service, cek validitas RSS/Atom feeds.
    • mobileOK Checker, cek seberapa jauh kompatibiltas halaman web untuk perangkat mobile.
    • Link Checker, untuk mengecek apakah pembuatan link sudah benar atau ada yang salah, juga untuk mengetahui apakah ada link yang mati.
  2. W3C Cheatsheet
    Dengan W3C cheatsheet kita dimudahkan dalam pencarian mengenai suatu hal menyangkut desain. Kita cukup memasukkan kata kuncinya, kemudian akan muncul informasinya serta link berhubungan dengannya. Contoh: kita mencari keterangan apa dan bagaimana itu ‘background’. Nanti akan muncul informasi serta link mengenai ‘background’. Juga disediakan bagian mobile, internasiolisasi, aksesibiliti, dan typography.
  3. Tutorial dan Kursus
    Di bagian ini kita dapat mengetahui dan belajar tentang semua hal berhubungan dengan web. Disediakan apa saja yang kita butuhkan. Semua informasi mengenai pemrograman dan desain web yang ada di internet sebenarnya berasal dari sini. Karena itu mengapa kita tidak belajar langsung dari sumbernya. Bahkan saya dapat bilang bahwa belajar disini lebih jelas dan nyaman karena cara penyampaiannya lebih terstruktur, sederhana dan tepat.
Jadi tempat belajar dan pusat pengetahuan mengenai desain web ada di situs W3C, terutama menyangkut hal-hal yang bersifat mendasar dan teknis.

Web Direktori/Galeri :

CSS Beauty

Galeri CSS Beauty
Galeri CSS Beauty
Selain situs W3C masih banyak situs lain yang dapat menjadi sumber ide inspirasi dalam pembuatan web, terutama situs-situs yang berfokus pada desain web. Salah satu situs yang sangat menginspirasi dan mungkin akan dapat menjadi salah satu tempat sumber ide Anda adalah situs CSS Beauty.
Kenapa dan ada apa di situs CSS Beauty sampai saya rekomendasikan kepada pembaca? Alasan utama saya adalah karena disana terdapat ribuan situs terdaftar sejak tahun 2004 yang masing-masing memiliki kualitas desain web yang sangat profesional dan bagus sekali. Untuk sebuah situs dapat terdaftar disana harus lolos kriteria yang super ketat. Tidak saja harus situs yang valid, tetapi juga dari semua sisi desain memang hebat.
Daftar situs-situs ditampilkan dalam bentuk grid banner header atau thumbnail dari setiap situs terdaftar pada halaman Galery. Coba pilih salah satu gambar yang menarik, nanti kita langsung menuju ke situs bersangkutan. Saya jamin Anda akan benar-benar terinspirasi oleh desain-desain yang dibuat oleh para profesional dari seluruh dunia. Mulai dari pewarnaan, image, icon, typography, layout, dan lain sebagainya yang mungkin sebelumnya tidak terpikirkan oleh kita. Anda tidak akan mudah untuk berhenti dari ketertarikan terus menerus menelusuri setiap situs terdaftar yang ada. Satu hal yang dapat saya ucapkan: “Dahsyat!!!” Ini baru sumber inspirasi, bro … :D
Jadi jangan samakan situs CSS Beauty dengan yang lain, karena semua situs terdaftar yang ada disana benar-benar memiliki pesona desain.
Selain CSS Beauty, beberapa situs direktori khusus desain web yang sangat menarik diantaranya:

Tempat Tips Trik dan Belajar WordPress

Smashing Magazine

Smashing Magazine
Smashing Magazine
Situs yang satu ini cukup lengkap artikelnya, terutama mengenai desain web. Di sini kita dapat belajar dan mengetahui berbagai tips desain, mulai dari coding php, css, xhtml, javascript, sampai dengan desain web untuk mobile dan spesialisasi desain di wordpress. Bagi yang belajar desain khususnya yang memakai engine wordpress, Smashing Magazine merupakan salah satu tempat terbaik.
Selain Smashing Magazine, beberapa yang juga seringkali saya datangi adalah:
  • Hongkiat.com, sama seperti smashing magazine Hongkiat.com merupakan blog yang terkenal dengan artikel-artikel tips trik seputar wordpress.
  • Pro Blog Design, seperti blog desain yang lain dengan spesialisasi desain web  wordpress. Disini banyak juga tips trik optimasi wordpress.
  • WPCandy, banyak mengulas tentang seluk beluk wordpress, mulai dari tips trik dasar sampai dengan yang expert.

WordPress Codex

Wordpress Codex
WordPress Codex
Bagi mereka yang ingin mendesain theme wordpress rasanya tidak ada yang tidak tahu yang satu ini. Yups, ini adalah salah satu halaman terpenting di wordpress.org. Disinilah semua coding tag wordpress dikumpulkan. Apa yang mau kita tampilkan atau tambahkan pada theme bisa kita lihat-lihat disini. Berikut cara penulisan dan letaknya. Mulai dari header sampai footer, semua komponen dari ujung ke ujung ada semua disini.

HTML Goodies

HTML Goodies
HTML Goodies
Disini disediakan cukup banyak tutorial berhubungan dengan desain web. Mulai dari html, perl, cgi, asp, javascript, sql, sampai dengan tutorial mengenai cara membuat button, form, image maps, dan lain sebagainya. Tambah lengkap karena ada juga yang mengenai seo, security dan tips lainnya yang sangat berguna bagi webmaster.
Ok, demikianlah artikel kali ini. Memang masih ada beberapa situs lainnya yang juga biasa dipakai sebagai sumber inspirasi dan ide untuk desain web. Tetapi berhubung terbatasnya waktu, mungkin dilain kesempatan akan diulas.
Beberapa buku desain web di amazon.com:

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More