Pages

HAL YANG PERLU DI PERHATIKAN DALAM PEMBUATAN WEB

Website atau homepage seringkali dipenuhi dengan elemen-elemen yang tidak berguna. Berikut ini akan disebutkan sepuluh kesalahan yang paling sering dilakukan oleh perancang web.

1. Gambar yang terlalu besar:
Terkadang perancang, terutama yang masih pemula, tidak menyadari jika gambar yang digunakannya terlampau besar, sehingga website yang dibuatnya sulit diakses. Ada baiknya gunakan gambar sesuai dengan kebutuhan dan jangan lupa periksa besar gambar tersebut.


2.Tanda "under construction"
Tampilan “Under Construction” yang berlarut-larut atau terlalu lama terpampang dapat memberikan kesan yang kurang baik.

3.Teks yang digaris-bawahi
Jangan gunakan garis bawah pada kata, jika kata tersebut bukan merupakan sebuah link. Prinsip dasar: Garis bawah digunakan hanya untuk menandakan sebuah link.

4.Animasi
Animasi yang terlalu banyak dapat menghapus konsentrasi seseorang pada isi website. Oleh karena itu gunakan animasi sesuai kebutuhan. Di samping itu penggunaan animasi yang berlebihan dapat mengganggu waktu pengaksesan website.

5.Desain baru pada setiap halaman
Tidak seragamnya tampilan halaman utama dengan halaman lainnya. Jelas ini akan menimbulkan efek yang buruk bagi pengunjung. Dengan tampilan yang berbeda
orang akan merasa berada dalam website yang berbeda, padahal ia sebenarnya masih berada dalam website yang sama.

6.Informasi dalam satu halaman
Penempatan informasi dalam satu halaman penuh dinilai tidak efektif. Sebaiknya halaman informasi dibagi dalam beberapa halaman.

7.Spelling yang jelek
Tampilan website Anda bisa saja terlihat menarik. Namun, jika hal itu tidak didukung dengan susunan kalimat, penggunaan katakata yang baik, website Anda dinilai tidak berguna.

8.Musik background
Apabila website Anda dilengkapi dengan musik latarbelakang, sebaiknya lengkapi dengan tombol pilihan "on/off.

9.Link mati
Message seperti "page not found, error 404" akan memberi kesan buruk pada website. Oleh karena itu sebelum Anda mem-publish-nya, uji dahulu link-link website Anda tersebut.

10. JavaScript yang tidak diuji
Seringkali dijumpai bahwa sebuah browser tidak bisa menjalankan script tertentu. Ini harus Anda perhatikan. Ujilah website Anda pada semua browser terlebih
dahulu.

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More